Mengenai Saya

Foto saya
Amlapura, Bali, Indonesia
Lirik dan Chord Lagu akan selalu menyjikan lirik dan kunci lagu terlengkap mulai dari lagu Indonesia, Lagu Barat, Lagu Religi, Lagu Dangdut, Reggae dll.

Minggu, 27 September 2009

INDIE



apa itu INDIE????

Apa aja sih yang termasuk kedalam kategori musik Indie? Kayaknya banyak banget nih yang termasuk dalam kategori ini.

Ternyata benar, cabang dari musik indie tuh ternyata banyak banget. Ada beberapa kategori musik yang sering dikaitkan dengan musik indie. Mulai dari rock alternative rock, punk rock sampai ke musik bergaya eksperimental semua bisa eksis di dunia musik indie.

Namun aliran indie yang paling nge-top belakangan adalah Indie rock dan indie pop. Walau kalau didengar dengan kuping telanjang, agak susah untuk membedakan suara indie yang dihasilkan oleh aliran Indie rock dengan aliran Indie pop karena sebenarnya keduanya sama-sama menggunakan unsur-unsur distorsi gitar yang kuar dan juga basis lagu pop.

Selain dua aliran (rock dan pop) yang merajai kancah indie ada juga aliran indie dance yang berasal dari penggabungan antara indie pop dan electronic/dance music. Proses penyebrangan antara musik-musik golongan electronica ini menyebabkan jenis-jenis musik baru yang berbeda-beda penyebutannya seperti indietronic, electronic indie ataupun indie electronic. Untuk musisinya, simak aja The Postal Service.

Kalau Indie pop punya crossover ke electronic music, Indie rock punya apa yang disebut dengan post-rock sebuah aliran yang diadaptasi oleh band-band macam Sky, Mogwai, Godspeed You! Black Emperor, atau Sigur Rós. Mereka yang mengadopsi aliran ini memiliki ciri yang unik, yaitu lirik yang sedikit. Namun sedikitnya lirik ini nggak membuat lagunya lantas menjadi pendek. karena pada kenyataannya lagu-lagu yang dibuat oleh band-band aliran post rock ini ternyata cukup panjang (bahkan ada yang sampai 20 menit!!!).

Kebanyakan penggemar musik ini hanya suka instrumen, warna musik, atau alat-alat khas yg dimilliki, namun banyak juga dari mereka yg tidak mengetahui Sejarah Musik Indie ini serta pergerakannya di dunia musik.

Tidak ada komentar: